undang influencer

Ingin Undang Influencer Tapi Minim Anggaran? Coba Tips Ini

Istilah undang influencer menjadi bagian terpenting dari teknik influencer marketing. Banyak brand mengandalkan metode ini setelah meriset jumlah followers, tingkat interaksi hingga kesesuaian influencer target dengan nilai brand mereka.

Akan tetapi, cara ini acapkali membutuhkan biaya pemasaran yang tidak sedikit. Sudah bisa ditebak besarnya pengaruh seorang influencer setali tiga uang dengan anggaran pemasaran dari pemilik brand.

Ini yang bisa membuat kalian, pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, menciut nyalinya. Maksud hati ingin undang influencer tetapi terpentok oleh dana. Berikut kami sajikan dua tips agar kalian tetap bisa undang influencer sebagai duta brand kalian:

  1. Menggandeng influencer mikro

Sekarang, influencer mikro tak kalah diperhitungkannya dengan influencer besar atau selebritis. Influencer mikro sendiri mempunyai followers antara 1.000 hingga 100 ribu orang, seperti kami kutip dari sini.

Sebagai gambaran, biaya undang influencer jenis ini lebih rendah dengan influencer dengan jumlah followers lebih banyak dari itu. Jadi skema ini lebih pas bagi kalian pelakon UMKM dengan anggaran minimal.

Berikut referensinya:

Jumlah followers Tokoh terkenal Bukan tokoh terkenal
Kurang dari 5 ribu Rp125 ribu hingga Rp500 ribu Rp25 ribu hingga Rp50 ribu
5 ribu hingga 10 ribu Rp250 ribu hingga Rp1,5 juta Rp25 ribu hingga Rp100 ribu
10 ribu hingga 25 ribu Rp500 ribu hingga Rp2,5 juta Rp50 hingga Rp250 ribu
25 ribu hingga 50 ribu Rp1 juta hingga 5 juta Rp100 ribu hingga Rp500 ribu
50 ribu hingga Rp100 ribu Rp1,5 juta hingga Rp7,5 juta Rp250 ribu hingga Rp2 juta
100 ribu hingga 250 ribu Rp2 juta hingga Rp10 juta Rp500 ribu hingga Rp3 juta
250 ribu hingga 500 ribu Rp2,5 juta hingga Rp15 juta Rp1 juta hingga Rp5 juta
500 ribu hingga 1 juta Rp3 juta hingga Rp22,5 juta Rp1,5 juta hingga Rp7,5 juta

Dalam tabel kalian bisa melihat dua kategori; tokoh terkenal dan bukan. Tinggal kalian sesuaikan target influencer mikro dengan label mereka, apakah terkenal atau tidak.

  1. Mendekati influencer besar dengan cara personal

Bisa jadi kalian memang sudah mengincar influencer tertentu sebelum kalian membuka usaha yang sedang digeluti saat ini. Jika benar, tidak ada salahnya kalian memposisikan diri sebagai seorang fans yang memang mengagumi influencer tersebut.

Pertama-tama, kalian bisa masuk ke komunitas audiens influencer itu dan ikut berinteraksi dengan obrolan di dalamnya. Jangan lupa untuk sesekali menaruh komentar di blog atau akun media sosialnya. Bagikan karya influencer mereka, baik berupa ulasan buku, lagu, hingga bisnis mereka.

Setelah ini semua berjalan konsisten, kalian bisa mengirimkan surel berupa saran, tanggapan, hingga ide unik untuk karya mereka selanjutnya. Barulah setelah sang influencer memperhatikan keberadaan kalian, pembicaraan mendalam bisa dimulai.

Untuk lebih meyakinkan, seringlah membagikan karya mereka di media sosial kalian. Kutip ucapannya hingga meminta tanggapan ulang dari mereka. Cara kedua ini memang terdengar konvensional dan akan memakan waktu lama. Tetapi jika berbalut konsistensi dan kejujuran, bukan hal mustahil influencer tersebut bisa mengiyakan tawaran harga undang influencer dari kalian nantinya. Kerjasama ini bisa  berbentuk paid promote, endorsement hingga menjadi brand ambassador.

Jadi, pilih cara mana nih? Nomor 1 atau 2?

Baca juga: Maksud dari influencer untuk kesuksesan kampanye digital brand

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *