influencer marketing adalah

Tiga Alasan Influencer Marketing Adalah Metode Promosi Kekinian yang Tepat

Influencer marketing adalah cara promosi brand masa kini yang sering wara-wiri di dunia media sosial. Mengambil akar dari influencer, sudah bisa ditebak metode ini menggunakan jasa influencer atau selebgram.

Maraknya influencer marketing adalah buah dari popularitas media sosial beberapa tahun belakangan ini. Tentunya bukan tanpa alasan banyak brand mengincar influencer di dunia maya untuk menjadi duta produk atau jasa mereka.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa influencer marketing adalah jawaban bagi cara promosi yang efektif. Simak yuk!


  1. Dapat menjalin kedekatan dengan target pasar

Sebelum menjadi duta brand tertentu, seorang influencer atau selebgram pastinya sudah mempunyai jumlah followers yang cukup tinggi. Mereka biasanya telah menciptakan interaksi yang dekat dengan followers. Memang salah satu fungsi media sosial adalah menjembatani antara idola dengan fans mereka. Tidak ada lagi jarak di antara keduanya.

Inilah yang membuat pemilik brand mengincar influencer. Mereka berharap dengan influencer yang tepat bisa mewakilkan lalu mentransfer nilai brand tersebut ke target pasar. Cara ini dinilai akan mampu menciptakan pengalaman dan kesan spesial di hati target pasar atas brand itu nantinya.


  1. Mudah dan cepat

Pastinya tujuan pertama tidak akan tercapai jika influencer atau selebgram tidak sering berbagi cerita mengenai brand tersebut. Terbayang dong jika mereka harus merogoh kocek super dalam jika ingin beriklan di media konvensional, seperti televisi atau koran.

Nah, media sosial menyediakan platform yang mudah dan cepat berkat kecanggihan teknologi ponsel cerdas dan tentunya jaringan internet. Paparan brand yang konsisten dan beragam akan meningkatkan interaksi dengan target pasar. Pada akhirnya, besar kemungkinan mereka membeli brand tersebut.


  1. Metrik terukur

Influencer marketing adalah salah satu tipe pemasaran berbasis daring. Jenis modern ini menawarkan metrik terukur berupa statistik dan analisa yang kesemuanya bisa diamati. Tentunya ini memberikan kepastian bagi pemilik brand dalam menyusun anggaran pemasaran.

Dengan sekian anggaran berapa yang kira-kira akan melihat iklan mereka melalui influencer atau selebgram yang mereka pilih. Dari setiap variasi konten, pemilik brand akan mengetahui mana yang disukai audiens dan mana yang tidak.

Dari itu, pemilik brand dapat membuat kampanye promosi khusus sesuai minat dan keinginan audiens. Cara ini lebih efektif daripada teknik iklan tradisional, seperti memasang spanduk di jalan atau beriklan via televisi.

Selain jumlah viewers yang belum tentu pasti, pemilik brand juga sulit menebak apakah kampanye atau konten iklan mereka sudah sesuai dengan harapan target pasar.

Influencer marketing adalah jembatan yang pas untuk pemilik brand, influencer hingga followers itu sendiri. Dengan konten promosi menakjubkan, followers bisa terhibur dan bahkan memperoleh inspirasi untuk usaha mereka nantinya. Adakah di antara Selegrafers yang pernah “mencuri” ide promosi dari influencers yang kalian ikuti di media sosial? 

Baca juga: Cara Mendapatkan Video Ucapan Ultah dari Artis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *